Senin, 23 Juni 2014

KAMUS GESTOK



Judul : KAMUS GESTOK
Penulis: Hersri Setiawan
Penerbit : Galang Press
Kondisi : Tersegel

Harga buku: Rp. 50.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 


Sinopsis

Sebagai sistem tanda, peritiwa G30S 1965 tidak hanya melahirkan trauma kebencian dan lumuran darah, tetapi juga telah melahirkan banyak lema dan makna-makna barunya yang seringkali bernada nyinyir dan stigmatik.

Buku Kamus Gestok yang ditulis Hersri Setiawan ini berhasil menginventarisasi (sebanyak-banyaknya) dan memberikan penjelasan mendalam tentang beragam lema yang ada di seputar peristiwa G30S. Lema-lema tersebut diurai dengan mengacu pada hal-ihwal yang terkait dan fungsi yang dibebankan kepadanya. Dan lema-lema yang dijelaskan itu, opleh penulisnya diacukan pada “ruang” dan “waktu’ dimana lema-lema itu muncul dan terbentuk.

Tanpa berpretensi mengklaim sebagai karya ilmiah, buku ini mempunyai dua kelebihan penting. Pertama, buku ini adalah buku pertama yang secara ensiklopedis mengurai lema-lema yang berkembang di seputar peristiwa G30S secara komprehensif. Kedua, ditulis oleh mantan aktivis Lekra, eks Tapol (orba) yang mempunyai dedikasi tinggi tentang sejarah bangsanya (Indonesia) yang banyak dijinakkan oleh penguasa (orba).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar