Minggu, 20 April 2014

PERLAWANAN PETANI HUTAN



Judul : PERLAWANAN PETANI HUTAN
Penulis: Sulistyaningsih
Penerbit : Kreasi Wacana
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp. 37.500

Pemesanan : sms 085878268031/ WA 08886824445 / pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

STOK KOSONG
Sinopsis

Konflik Masyarakat Desa Hutan (MDH) dengan Perum Perhutani masih banyak terjadi, dan di berbagai tempat justru menunjukkan tingkat resistensi atau perlawanan yang semakin meninggi. Meski berbagai kebijakan yang diharapkan bisa meminimalisir konflik telah dijalankan, perlawanan itu semakin meningkat. Demikian juga di kalangan pesanggem atau petani hutan. Jika begitu apa yang salah sehingga konflik dan perlawanan itu masih terjadi?

Model pembangunan yang saat ini berlaku di negara-negara sedang berkembang, termasuk Indonesia memiliki kelemahan dasar yakni selalu memandang rendah terhadap sektor tradisional yang ada di masyarakat setempat. Model sektor tradisional dianggap bersifat konservatif  dan statis sehingga harus diubah agar seluruh masyarakat diharapkan dapat berkembang lebih maju dan cepat.  Padahal realitasnya tidak demikian. Dalam model pertanian tradisional itu ada unsur penting yaitu pengetahuan lokal, suatu pengetahuan yang utuh berkembang dalam budaya atau kelompok etnik tertentu dan terbukti mampu memenuhi kebutuhan secara subsisten sesuai kondisi lingkungan yang ada.

Buku ini memuat gagasan bahwa konsep pembangunan kehutanan ke depan harus menyediakan ruang yang memadai bagi terakomodasikannya nilai-nilai lokal, kultur setempat dan sekarah masyarakat yang bersangkutan. Artinya, pemaknaan pembangunan kehutanan lebih diarahkan pada upaya optimalisasi potensi setiap wilayah berdasarkan potensi sumber daya alam, manusia dan lingkungan, sedangkan bagaimana pelaksanaannya tergantung dari kreativitas dan energi masyarakat yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar