Minggu, 20 April 2014

Apa itu Musik ?



Judul : Apa itu Musik ?
Penulis: Karina Andjani
Penerbit : Marjin Kiri
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp.32.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 
                                                 TERJUAL

Sinopsis

Sedemikian lazim dalam sejarahnya bahwa musik merupakan modus bunyi definitif yang hingga pada masa tertentu muncul komponis John Cage menggebrak dengan konsep musik senyapnya. Sebuah komposisi musik tanpa bunyi. Bagaimana mungkin? Cage menjadi sosok revolusioner yang tidak pernah sepi diperbincangkan atau menjadi objek studi bukan saja dalam sejarah musik namun meluas ke disiplin studi lainnya. Di Indonesia belum ada yang mengulas atau menulis, lalu menerbitkan, buku tentang musik John Cage.

Pada 1952, komponis John Cage mementaskan karyanya berjudul 4’33”. Dalam komposisi ini, seorang pianis ternama duduk diam di depan piano selama 4 menit 33 detik tanpa memainkan satu nada pun. Karya kontroversial ini langsung memicu banyak perdebatan estetik dan filosofis yang mungkintak berkesudahan hingga sekarangn. Bagaimana kita harus memaknai eksperimen Cage ini? Bisakah sunyi disebut musik? Lebih jauh adakah yang disebut kesunyian itu?

Sebagai pelajar filsafat sekaligus pemain piano, Karina Andjani menjelajahi pertanyaan-pertanyaan menggelitik tersebut. Bukan hanya mengulas Cage, buku Karina ini pada dasarnya adalah telaah tentang ontologi musik- apa yang disebut musik itu, dan apa saja syarat-syaratnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar