Sabtu, 26 April 2014

Sukarno Hatta dan Hamengku Buwono IX



Judul : Sukarno Hatta dan Hamengku Buwono IX
Editor : Anton Haryanto, H. Purwanta  
Penerbit : USD
Kondisi : Baru

Harga buku: Rp. 41.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ 


Sinopsis

Buku ini membahas pemikiran ketiga tokoh Sukarno, Hatta dan Hamengku Buwono IX mengenai Pancasila. Membicarakan Pancasila pada masa sekarang menjadi sesuatu hal yang langka, dan mungkin sedikit “aneh”. Ditengah hingar-bingarnya euforia politik era rofornasi, ditengah mengguritanya kapitalisme dan neoliberalisme, bangsa ini tentang Pancasila. Suatu ide yang patut mendapatkan apresiasi.

Daniel Bell pernah berujar bahwa “ideologi telah mati”.  Pernyataan ini terlalu frustasi mencermati “pertarungan ideologis” yang vis a vis secara diametral saling mengalahkan. Padahal suatu ideologi tidak akan mati selama ia dijadikan dasar dan pedoman dalam menentukan arah kehidupan ke depan bagi sistem kehidupan bangsa (believe system). Suatu ideologi diterpa dan diuji oleh keadaan sekitar yang menyebabkan ideologi itu layu, bangkit dan berkembang dan “hidup” kembali.

Pancasila, seolah-olah tenggelam bersamaan dengan (a) runtuhnya rezim Suharto atau Orde Baru, dan (b) diterbitkannya kebijakan publik mengenai terbukanya organisasi sosial politik menggunakan asas organisasi di luar Pancasila, dengan catatan tidak bertentangan dengan Pancasila dan tetap menggunakan Pancasila sebagai dasar negara.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar