Kualitas Pelayanan Publik
Penulis: Dr. Hardiyansyah,
M.Si.
Penerbit : Gava Media
Harga buku: Rp.48.000
Pemesanan
: sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/
Sinopsis
New Public Service (NPS) sebagai
paradigma terbaru dari administrasi publik meletakkan pelayanan publik sebagai
kegiatan utama para administrator negara/daerah. Salah satu intisari dari
prinsip NPS adalah bagaimana administrator publik mengartikulasikan dan membagi
kepentingan (shared interests) warga negara melalui pelayanan publik. Berbagai
riset, penelitian, ide, gagasan dan kajian tentang kualitas pelayanan publik
telah banyak dimunculkan dan dilakukan, baik dalam bentuk opini, makalah,
skripsi, tesis, maupun disertasi. Berbagai hal tentang kualitas pelayanan
publik tersebut telah pula dipublikasikan dalam koran, buku, majalah, jurnal,
atau di internet.
Kualitas pelayanan publik akan
selalu menarik untuk dikaji dan dibahas, karena masyarakat selalu mengalami
dinamika, ilmu pengetahuan dan teknologi pun selalu mengalami perkembangan
dengan pesat. Seiring dengan hal tersebut, tentu saja konsep, dimensi,
indikator-indikator tentang kualitas pelayanan publik akan mengalami perubahan
seiring dengan perubahan zaman.
Kemampuan beradaptasi dengan
perubahan tersebut, akan menjadi modal bagi pengambil kebijakan untuk selalu
meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kemampuan meningkatkan kualitas
pelayanan publik, bagi kepala negara/daerah akan dapat meningkatkan kepercayaan
publik/rakyat kepada mereka, sehingga tidak menutup kemungkinan, bila mereka
kembali mencalonkan diri sebagai kepala negara/daerah akan dipilih lagi oleh
rakyatnya bahkan kebaikan yang telah mereka lakukan akan selalu dikenang oleh
rakyatnya sepanjang masa.
Buku ini membahas secara panjang
lebar tentang kualitas pelayanan publik, baik ditinjau dari segi konsep,
dimensi, indikator, maupun dari sisi implementasinya. Buku ini sangat cocok
dibaca oleh berbagai segmen masyarakat, terutama para dosen dan mahasiswa S1,
S2 atau S3 yang relevan dan terkait dengan bidang studi ilmu administrasi
publik serta para birokrat atau pejabat publik yang selalu melakukan pelayanan
pada masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar