Senin, 19 Agustus 2013

Sejarah Filsafat Cina



Judul : Sejarah Filsafat Cina
Penulis: Fung Yu Lan
Penerbit : Pustaka Pelajar

Harga buku: Rp. 54.000

Pemesanan : sms 08122742231/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/

Sinopsis

Buku ini merupakan sebuah kajian komprehensif atas filsafat Cina. Karena dengan membacanya kita akan melihat bahwa filsafat Cina itu jauh lebih luas cakupannya daripada sekedar Confucius atau Lao Tzu, atau bahkan sekedar mazhab Confucianisme dan Taoisme yang kepadanya kedua tokoh tersebut dipertalikan.

Selama kira-kira dua puluh lima abad, para pemikir Cina telah menyentuh hampir semua pokok bahasan utama yang menjadi perhatian para filsuf di barat, dan meskipun mazhab-mazhab yang sudah menjadi bagian dari mereka yang sering melahirkan nama yang sama, hingga beberapa abad lamanya, namun isi ideologi aktual mereka sudah sangat berubah dari satu masa ke masa yang lain.

Cina adalah sebuah negeri dengan rentetan sejarah filsafatnya yang amat panjang. Tak aneh jika dalam teks agama, Islam misalnya, terdapat hadis,”Carilah ilmu meski ke negeri Cina” itu karena pada saat hadis ini diturunkan – bahkan jauh sebelumnya - , telah terjadi sebuah dialektika dan kemajuan yang mencengangkan di negeri tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar