Sabtu, 16 Mei 2015

DEKONSTRUKSI SPIRITUAL Merayakan Ragam Wajah Spiritual



Judul : DEKONSTRUKSI SPIRITUAL Merayakan Ragam Wajah Spiritual
Penulis: Jaques Derrida
Penerbit : Jalasutra

Harga buku: Rp. 50.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline


Sinopsis

Apa yang bercokol di benak Anda ketika Anda disodori segenggam kata spiritual. Pasti yang bermain-main di benak Anda adalah kesucian, kesakralan, kemuliaan dan keakhiratan. Tapi pernahkah Anda mempertanyakan kekuatan apa yang ada di belakang dan bekerja memproduksi makna-makna itu?  Apa yang dimaksud dengan spirit? Kapan dan dimana lahirnya? Mengapa yang jahat/dosa tidak dimasukkan dalam kategori spiritual, malahan divonis sebagai kutu ruhaniah yang hina dan nista?

Buku ini secara blak-blakan menggempur, membongkar kata/istilah makna spiritualitas, dan terutama sekali kekuatan-kekuatan apa saja yang memegang kendali makna dibelakangnya.

Jadilah Jacques Derrida, seperti halnya Milan Kundera dalam The Book of Laughter and Forgetting dan Gabriel Garcia Marquez dalam One Hundred Year of Solitude, bak dewa linguistik dalam mengingatkan manusia jangan lupa, bahwa di balik kesucian kata spiritual, bersemayam sebuah kekuatan pengendali makna. Itulah struktur agama (Kristen). Itulah metafisika-platonik.

Dengan mengambil titik fokus  kajian pemikiran Martin Heidegger (tentang spiritualitas) Derrida melempar gugatan –gugatan elementer yang jenial dari sudut pandang filsafat bahasa atas pembakuan makna secara sewenang-wenang kata spiritual.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar