Sabtu, 11 April 2015

MEMPERKUAT NEGARA by FRANCIS FUKUYAMA

Judul : MEMPERKUAT NEGARA
Penulis : Francis Fukuyama
Penerbit : Gramedia

Harga : Rp.60.000

Pemesanan : sms 085 787 268 031/pin bb 234GB00C/ Email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter@empuonline

Sinopsis :



Dengan jernih Fukuyama melakukan konseptuasi peran negara di tengah berbagai kebingungan dalam memahami pergolakan peristiwa di awal abad ke-21, khususnya setelah peristiwa 11 September 2001 di Amerika Serikat serta terus berlanjutnya berbagai peristiwa yang mengancam umat manusia seperti perang sipil, bencana kelaparan dan epidemi AIDS di berbagai brlahan dunia. Peristiwa-peristiwa ini adalah sebuah gejala politik , dimana negara sebagai institusi terpenting dalam masyarakat gagal dalam menjalankan perannya.


Menjawab kegafalan ini, Fukuyama berpendapat bahwa sudah saatnya kita harus memperkuat peran negara. Pada tahun 1980-an, sebagai reaksi atas merebaknya berbagai bentuk statisme, kaum liberal menyodorkan alternatif deregulasi, debirokratisasi, privatisasi dan semacamnya. Dengan memangkas intervensi ekonomi negara ke tingkat minimal, didapatkan pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan dan inegrasi pasar. Namun hal ini justru membawa masalah baru : berkurangnya peran negara dalam ekonomi juga melemahkan  kapasitas negara untuk melakukan fungsinya yang memang perlu. Dan ini adalah gejala kegagalan negara.

Fukuyama sebenarnya ingin mempertautkan dua tradisi besar Machiavelli, Hobbes dan Hegel di satu pihak, serta Adam Smith, Locke, dan Kant di pihak yang lain. Yang satu mewakili tradisi pemikiran tentang negara kekuasaan dan ororitas, yang kedua adalah tokoh- tokoh terdepan dalam gagasan tentang kwbebasan, otonomi individu dan moralitas. Kedua tradisi ini sebenarnya terkait dan saling memperkuat  kebebasan dan kesejahteraan ekonomi tidak mungkin tercapai jika negar tidak mampu menjalankan perannya secara efektif. Sebaliknya negara yang kuat tanpa menjamin kebebasan dan kesejahteraan  warganya tidak akan bertahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar