Senin, 15 Desember 2014

THESIS TAN MALAKA

 Judul : THESIS
Penulis : Tan Malaka
Penerbit : Octopus

Harga : Rp. 40.000

Pemesanan : sms 085878268031/ pin BB: 234FB00C/email : empu_online@yahoo.com/ empuonline@gmail.com/ twitter : @empuonline

Sinopsis 


Melalui Thesis, Tan Malaka membatalkan putusan prambanan, sebuah rencana pemberontakan PKI pada tahun 1926. Di masa itu Tan Malaka adalah Ketua Komintern (Komunis Internasional) untuk eilayah Asia Timur .  Menurutnya, kondisi obyektif dan subyektif PKI belum memenuhi syarat revolusi. Tapi Alimin tidak menyerahkan keputusan pwmbatalan itu kepasa Sardjono, Musso dan kawan-kawannya  di Singapura.

Selepas putch yang gagal total pada 1926, para pemimpin PKI dibuang ke Boven Digul. Tan sendiri memisahkan diri dari PKI  lalu bersama Djamaluddin Tamim dan Subakat mendirikan PARI ( Partai Republik Indonesia) di Bangkok pada 1927. Sejak saat itulah Tan dituduh pengkhianat dan Trotskys.

Dalam buku ini Tan menjabarkan perbedaan pemikiran Trotsky dengan dirinya. Trotsky meyakini revolusi permanen (revolusi global) aebelum dibentuknya pemerintahan diktator proletar global. Sedangkan Tan sejalan dengan stalin bahwa pemerintahan komunis dapat dibemtuk di masing-masing negara secara otonom. Namun Tan juga bertentangan dengan Stalin dalam konsep absolutisme Rusia terhadap komintern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar